BAB III
Pendirian Akademik Manajemen Informatika dan Komputer ( AMIK
) Wahana Mandiri atau disingkat dengan nama AMIK Wahana Mandiri, tidak terlepas
dari keberadaan Yayasan Boedihardjo Sastrohadiwirjo atau disingkat dengan nama
Yayasan Boe Sas. Yayasan Boe Sas adalah suatu badan yang bergerak dibidang
sosial dan pendidikan. Didalam bidang pendidikan, para pendiri yayasan yang
didasari oleh kesadaran ingin berperan aktif menunjang program pemerintah dalam
usaha mencerdaskan bangsa. Sebagai sisi dari mata uang yang tak terpisahkan, yayasan
ini juga berdampingan dengan sebuah grup usaha yang bernama Boedihardjo Group
(BG). Sebagai sebuah grup usaha, Boedihardjo group merangkum beberapa kegiatan
usaha yang terutama bergerak di bidang transportasi. Beberapa dari usaha
transportasi antara lain adalah PT Deraya Air Service, PT Jemla ferry,PT.Derazona
Air Charter, dan lain–lain beserta anak perusahaan dan cabang-cabangnya.
Yayasan
BoeSas didirikan di Jakarta pada tanggal 18 September 1987 dihadapan notaris
Sri Rahayu, No. 40. Yayasan ini juga telah terdaftar pada kantor Pengadilan
Negeri Jakarta Pusat No. 319/1987, pada tanggal 10 Desember 1987.
Kegiatan
sosial yang dilakukan oleh Yayasan BoeSas antara lain adalah pemberian beasiswa
prestasi kepada para siswa SD, SLTP dan SMU. Selain itu yayasan juga aktif
dalam memberikan bantuan gizi kepada para balita tak mampu dibawah koordinasi
Pos Yandu, kadang kala yayasan juga mengadakan khitanan masal bagi masyarakat
disekitar kantor sekretariat sejak tahun 1989, yayasan memulai dengan kegiatan
dibidang pendidikan, dengan mendirikan sebuah Taman kanak-kanak Islam Al Birru.
Kegiatan ini kemudian diikuti lagi dengan pendirian Taman Pendidikan Al Qur’an
pada tahun 1991.
Kegiatan
pendidikan ini bertambah dengan didirikannya sebuah Lembaga Pendidikan Komputer
(LPK) yang bernama LPK Informatics Wahana Mandiri, pada tahun 1997. setelah LPK
ini berjalan kira-kira 3 tahun, maka tercetuslah prakarsa pendirian sebuah
Akademi, sebagai suatu keinginan untuk meningkatkan kemampuan kelembagaan LPK
Informatics Wahana Mandiri.
Pelaksanaan
dari prakarsa tersebut adalah dibentuknya Organisasi Akademi Manajemen
Informatika dan Komputer (AMIK) Wahana Mandiri, berikut para personelnya.
Organisasi ini bersama-sama dengan para pelaksanaan dari Yayasan BoeSas, yang
akan menyelenggarakan pendirian akademi, selanjutnya disebut dengan
penyelenggaraan AMIK Wahana Mandiri.
Kegiatan
AMIK Wahana Mandiri direncanakan menempati sebuah kampus yang telah
dipersiapkan, terletak di Jalan Cabe Raya No. 51, Kecamatan Pamulang, Kabupaten
Tanggerang, Propinsi Banten. Gedung beserta tanahnya adalah sepenuhnya milik
Yayasan BoeSas. Demikianlah asal muasal mengapa akademi ini didirikan dengan
nama AMIK Wahana Mandiri, yang merupakan peningkatan kemampuan kelembagaan dari
LPK Informatics Wahana Mandiri.
1
Menyusun laporan evaluasi perkembangan
mahasiswa setiap awal dan akhir semester;
2
Membantu Ka. Prodi menyusun laporan
evaluasi semesteran;
3
Menyerahkan setiap nilai rekapitulasi
yang sudah ditandatangani direktur kepada PUDIR I;
4
Mengelola sistem dan strategi proses
penerimaan mahasiswa;
5
Mengelola kegiatan penerimaan mahasiswa
baru dan kegiatan wisuda;
6
Bertanggung jawab dengan penuh kejujuran
pada nilai mahasiswa (transkip nilai, daftar nilai, KHS);
7
Mengumpulkan GBPP dan SAP dari dosen
persemester dan menyerahkannya kepada PUDIR I untuk divalidasi;
8
Membuat pengumuman berkenaan dengan
pelaksanaan perkuliahan (Perubahan, kuliah tambahan, ketidakhadiran);
9
Melayani mahasiswa dan membuat surat
keterangan kuliah, surat lulus sementara dan surat cuti;
10
Melayani mahasiswa untuk administrasi
PKL dan TA;
11
Melayani mahasiswa pindahan, cuti, dan
melanjutkan perkuliahan;
12
Mempersiapkan data untuk pembuatan
KTM(Kartu Rencana Mahasiswa) dan NIM;
13
Merekap absensi dosen dan mahasiswa
perbulan;
14
Membuat dan mencetak absen dosen dan
mahasiswa;
15
Mengabsen dosen pagi, malam,
pagi/malam(shift), dan infal atau tambahan;
16
Membantu Ka. Prodi untuk mencetak jadwal
perkuliahan teori dan praktek, pengumuman nilai akademik dan kalender akademik;
17
Melayani keperluan dosen mengajar,
seperti : spidol, isi tinta, absen dosen, absen mahasiswa teori dan praktek,
penghapus, ketersediaan OHP & LCD Projector, dll;
18
Mengelola administrasi registrasi
mahasiswa;
19
Mengelola administrasi legislasi
akademik dan evaluasi akademik;
20
Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan
kemahasiswaan dengan akademik;
21
Mengkoordinasikan pelaksanaan wisuda;
22
Berperan aktif dalam pelaksanaan rencana
strategis Amik Wahana Mandiri;
23
Menyelenggarakan UTS, UAS, ujian
Semester Pendek, Ujian Sidang Pra Tugas Akhir/KKP/Tugas Akhir maupun Ujian
Saring Masuk;
24
Mengkoordinasi pembuatan ijazah;
25
Mengkoordinasikan pembuatan KTM (Kartu
Tanda Mahasiswa);
26
Mengkoordinasikan arsip seluruh data
mahasiswa;
27
Menyerahkan setiap nilai Kartu Hasil
studi (KHS) dan transkrip nilai yang sudah ditandatangani Direktur dan PUDIR I;
28
Menghadiri rapat dan pertemuan yang
secara periodik diselenggarakan pimpinan langsung baik secara terpisa maupun
dalam rangka koordinasi dengan unit kerja lain;
29
Mengimplementasikan sistem manajemen
mutu di biro akademik dan kemahasiswaan;
30
Menyusun rencana kegiatan dan anggaran
biro akademik dan kemahasiswaan berbasis kinerja;
31
Menghadiri rapat dan pertemuan secara
periodic diselenggarakan oleh pimpinan langsung bak secara terpisah maupun
dalam rangka koordinasi dengan unit kerja lain;
32
Melaksanakan tugas lain yang diberikan
oleh pimpinan;
33
Membuat laporan bulanan dan tahunan.