Selasa, 24 Juli 2012

BAB III


BAB III


3.1        Gambaran Umum AMIK Wahana Mandiri

3.1.1                       Sejarah Singkat

Pendirian Akademik Manajemen Informatika dan Komputer ( AMIK ) Wahana Mandiri atau disingkat dengan nama AMIK Wahana Mandiri, tidak terlepas dari keberadaan Yayasan Boedihardjo Sastrohadiwirjo atau disingkat dengan nama Yayasan Boe Sas. Yayasan Boe Sas adalah suatu badan yang bergerak dibidang sosial dan pendidikan. Didalam bidang pendidikan, para pendiri yayasan yang didasari oleh kesadaran ingin berperan aktif menunjang program pemerintah dalam usaha mencerdaskan bangsa. Sebagai sisi dari mata uang yang tak terpisahkan, yayasan ini juga berdampingan dengan sebuah grup usaha yang bernama Boedihardjo Group (BG). Sebagai sebuah grup usaha, Boedihardjo group merangkum beberapa kegiatan usaha yang terutama bergerak di bidang transportasi. Beberapa dari usaha transportasi antara lain adalah PT Deraya Air Service, PT Jemla ferry,PT.Derazona Air Charter, dan lain–lain beserta anak perusahaan dan cabang-cabangnya.
Yayasan BoeSas didirikan di Jakarta pada tanggal 18 September 1987 dihadapan notaris Sri Rahayu, No. 40. Yayasan ini juga telah terdaftar pada kantor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat No. 319/1987, pada tanggal 10 Desember 1987.
Kegiatan sosial yang dilakukan oleh Yayasan BoeSas antara lain adalah pemberian beasiswa prestasi kepada para siswa SD, SLTP dan SMU. Selain itu yayasan juga aktif dalam memberikan bantuan gizi kepada para balita tak mampu dibawah koordinasi Pos Yandu, kadang kala yayasan juga mengadakan khitanan masal bagi masyarakat disekitar kantor sekretariat sejak tahun 1989, yayasan memulai dengan kegiatan dibidang pendidikan, dengan mendirikan sebuah Taman kanak-kanak Islam Al Birru. Kegiatan ini kemudian diikuti lagi dengan pendirian Taman Pendidikan Al Qur’an pada tahun 1991.                                                         
Kegiatan pendidikan ini bertambah dengan didirikannya sebuah Lembaga Pendidikan Komputer (LPK) yang bernama LPK Informatics Wahana Mandiri, pada tahun 1997. setelah LPK ini berjalan kira-kira 3 tahun, maka tercetuslah prakarsa pendirian sebuah Akademi, sebagai suatu keinginan untuk meningkatkan kemampuan kelembagaan LPK Informatics Wahana Mandiri.
Pelaksanaan dari prakarsa tersebut adalah dibentuknya Organisasi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Wahana Mandiri, berikut para personelnya. Organisasi ini bersama-sama dengan para pelaksanaan dari Yayasan BoeSas, yang akan menyelenggarakan pendirian akademi, selanjutnya disebut dengan penyelenggaraan AMIK Wahana Mandiri.
Kegiatan AMIK Wahana Mandiri direncanakan menempati sebuah kampus yang telah dipersiapkan, terletak di Jalan Cabe Raya No. 51, Kecamatan Pamulang, Kabupaten Tanggerang, Propinsi Banten. Gedung beserta tanahnya adalah sepenuhnya milik Yayasan BoeSas. Demikianlah asal muasal mengapa akademi ini didirikan dengan nama AMIK Wahana Mandiri, yang merupakan peningkatan kemampuan kelembagaan dari LPK Informatics Wahana Mandiri.

3.1.2                       Wewenang dan Tanggung  Jawab

1               Menyusun laporan evaluasi perkembangan mahasiswa setiap awal dan akhir semester;
2               Membantu Ka. Prodi menyusun laporan evaluasi semesteran;
3               Menyerahkan setiap nilai rekapitulasi yang sudah ditandatangani direktur kepada PUDIR I;
4               Mengelola sistem dan strategi proses penerimaan mahasiswa;
5               Mengelola kegiatan penerimaan mahasiswa baru dan kegiatan wisuda;
6               Bertanggung jawab dengan penuh kejujuran pada nilai mahasiswa (transkip nilai, daftar nilai, KHS);
7               Mengumpulkan GBPP dan SAP dari dosen persemester dan menyerahkannya kepada PUDIR I untuk divalidasi;
8               Membuat pengumuman berkenaan dengan pelaksanaan perkuliahan (Perubahan, kuliah tambahan, ketidakhadiran);
9               Melayani mahasiswa dan membuat surat keterangan kuliah, surat lulus sementara dan surat cuti;
10           Melayani mahasiswa untuk administrasi PKL dan TA;
11           Melayani mahasiswa pindahan, cuti, dan melanjutkan perkuliahan;
12           Mempersiapkan data untuk pembuatan KTM(Kartu Rencana Mahasiswa) dan NIM;
13           Merekap absensi dosen dan mahasiswa perbulan;
14           Membuat dan mencetak absen dosen dan mahasiswa;
15           Mengabsen dosen pagi, malam, pagi/malam(shift), dan infal atau tambahan;
16           Membantu Ka. Prodi untuk mencetak jadwal perkuliahan teori dan praktek, pengumuman nilai akademik dan kalender akademik;
17           Melayani keperluan dosen mengajar, seperti : spidol, isi tinta, absen dosen, absen mahasiswa teori dan praktek, penghapus, ketersediaan OHP & LCD Projector, dll;
18           Mengelola administrasi registrasi mahasiswa;
19           Mengelola administrasi legislasi akademik dan evaluasi akademik;
20           Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan dengan akademik;
21           Mengkoordinasikan pelaksanaan wisuda;
22           Berperan aktif dalam pelaksanaan rencana strategis Amik Wahana Mandiri;
23           Menyelenggarakan UTS, UAS, ujian Semester Pendek, Ujian Sidang Pra Tugas Akhir/KKP/Tugas Akhir maupun Ujian Saring Masuk;
24           Mengkoordinasi pembuatan ijazah;
25           Mengkoordinasikan pembuatan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa);
26           Mengkoordinasikan arsip seluruh data mahasiswa;
27           Menyerahkan setiap nilai Kartu Hasil studi (KHS) dan transkrip nilai yang sudah ditandatangani Direktur dan PUDIR I;
28           Menghadiri rapat dan pertemuan yang secara periodik diselenggarakan pimpinan langsung baik secara terpisa maupun dalam rangka koordinasi dengan unit kerja lain;
29           Mengimplementasikan sistem manajemen mutu di biro akademik dan kemahasiswaan;
30           Menyusun rencana kegiatan dan anggaran biro akademik dan kemahasiswaan berbasis kinerja;
31           Menghadiri rapat dan pertemuan secara periodic diselenggarakan oleh pimpinan langsung bak secara terpisah maupun dalam rangka koordinasi dengan unit kerja lain;
32           Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan;
33           Membuat laporan bulanan dan tahunan.

1 komentar:

  1. kaka klo boleh tauu kk angkatan taun berapa yaaa kuliah di awm . boleh mnta no hp atau pinnya doonk ka. aku juga baru masuk di awm nie ka

    BalasHapus

komen disinii yaa.. :))